Selasa, 26 Januari 2010

Resensi " Gue Bangga Jadi Muslim"

Resensi Gue Bangga jadi Muslim #1 – Islam Saves Your Life

Judul : Gue Bangga jadi Muslim #1 – Islam Saves your Life

Penulis : Bambang Q – Anees

Penerbit : Dar! Mizan

Tanggal terbit : Juni – 2006

Jumlah halaman : 179 halaman

Kategori : Novel Islami (Non Fiksi)

Agama itu sebenarnya apa? Mengapa kita harus beribadah? Sedang enak – enaknya tidur tapi harus shalat. Apakah keuntungannya untuk kita? Padahal pada akhirnya tetap saja kita akan menjadi orang yang bodoh dan miskin!

Lalu di sekolah, pelajaran agamanya pun membosankan. Apalagi gurunya serba melarang ini itu atau mewajibkan ini itu, yang katanya ada dalam agama.

Tokoh utama dalam buku ini adalah seorang anak remaja yang tidak pintar, tapi ia “berani”. Tidak juga kaya, tapi ia “berani”. Tidak tampan, tapi ia “berani”. Selain itu, ia selalu berani dalam segala hal karena ia bangga menjadi seorang “Muslim”.

Seorang Muslim adalah orang yang berani untuk terus – menerus berbuat baik kepada temannya. Seorang Muslim adalah orang yang berani menjadi dirinya sendiri. Seorang Muslim adalah orang yang berani mengubah dirinya menjadi lebih baik dan lebih keren.

Tokoh buku ini sebenarnya adalah kita sendiri. Kitalah remaja Muslim itu. Begitu membaca lembar demi lembar buku ini, saat itu juga kita akan merasa bangga dilahirkan menjadi seorang Muslim. Bagaimana tidak bangga? Muslim itu adalah gelar bagi seorang remaja yang tidak pernah gentar untuk berbuat baik. Seorang Muslim adalah orang yang memiliki niat untuk membuat prestasi baru setiap saat dalam hidupnya. Dan itu adalah kita!

Pada buku ini juga ada sejumlah saran untuk melakukan sesuatu. Begitu menemukan saran – saran itu, coba ita lakukan sedikit demi sedikit. Kita bisa memulainya dengan membuat tulisan pada setiap akhir bab dalam buku ini.

Sebelumnya pada awal bab buku ini menceritakan untuk mengubah paradigm atau pemikiran seseorang itu tentang kehidupan. Selanjutnya kita juga akan di ajak agar kita berada dalam posisi orang lain. Dan seterusnya sehingga kita mengetahui bagaimana cara menjalani kehidupan di dunia ini dengan sederhana namun tetap gaul dan keren, karena kita semua adalah khalifah.

Sayangnya buku ini tidak dilengkapi dengan potongan surat – surat dalam Al – Qur’an dan hadisnya. Namun penggunaan bahasa yang tidak baku merupakan keunggulan dari buku ini agar mudah dimengerti dan diserap dengan baik oleh para remaja. Keunggulan lainnya yaitu buku ini dilengkapi gambar ilustrasi yang menarik serta kata – kata mutiara yang mempermudah kita dalam menyerap pokok pikiran dari setiap babnya.

Buku Gue Bangga jadi Muslim” ini memiliki tiga judul yang berbeda. Yang pastinya ketiga serinya sangat menarik untuk dibaca. Selain itu, Bambang juga menulis buku yang lainnya dengan seri yang berbeda. Buku ini memberikan motivasi kepada kita agar kita bisa berteriak bebas “Gue Bangga jadi Muslim!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar