Selasa, 26 Januari 2010

Badan Pengelola Lingkungan Hidup

Badan Pengelola Lingkungan Hidup

http://www.bandung.go.id/images/dilemtek/bapedalda.JPGJL. SADANG TENGAN NO. 4 & 6 SADANGSERANG BANDUNG – 40133
Telp. (022) 2514327, 2511513
E-mail: bplh[at]bandung.go.id

Drs. H. Dandan Riza Wardhana, M.Si

BPLH merupakan salah satu lembaga teknis daerah pada Pemerintah Kota Bandung yang bertanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kota Bandung. Sebagai lembaga yang mempunyai visi Menciptakan Kondisi Kota yang Proporsional dalam Rangka Meningkatkan Peran Kota Kota Bandung sebagai Kota Jasa Menuju Terwujudnya Kota yang BERMARTABAT (Bersih, Makmur, Taat, dan Bersahabat). BPLH berketetapan melakukan berbagai rencana pengelolaan lingkungan hidup dengan memperhatikan berbagai aspek sebagai pijakan pengambilan kebijakan, seperti point of view stakeholders dalam menyikapi masalah lingkungan yang berkembang, perubahan biofisik lingkungan, dan atau proses perubahan sosial yang berkembang di masyarakat.

Tugas Pokok:

Tugas Pokok :

Membantu Walikota dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang pengelolaan lingkungan hidup.

F u n g s i :

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang pengelolaan lingkungan hidup;
  2. Pembinaan dan pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan lingkungan hidup, pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup, pengelolaan air tanah dan energi serta rehabilitasi lingkungan hidup;
  3. Pelaksanaan pelayanan teknis administratif Badan; dan
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya

Visi & Misi:

V I S I :

Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup Kota Bandung menuju Kota Jasa yang BERMARTABAT Tahun 2008

M I S I :

  1. Meningkatkan perencanaan dan mengembangkan pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan sumber daya manusia
  2. Meningkatkan pengendalian pencemaran lingkungan hidup
  3. Meningkatkan kelestarian konservasi, pengawasan, dan penegakan hukum lingkungan hidup

Struktur Organisasi

Program kerja:

Program Kerja :

  1. Pengembangan Kinerja Pengelolaan Persampahan;
  2. Peningkatan Kualitas Akses Informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan;
  3. Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup;
  4. Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam.

Fakta Bandung:

Fakta BPLH Kota Bandung :

Perkembangan pembangunan di Kota Bandung seperti di perkotaan lain di Indonesia, sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan populasi (manusia) akibat urbanisasi, terutama para pendatang yang akhirnya menetap. Sejak tahun 1970-an, khususnya pada dekade pertama, sampai tahun 1980-an, 35% dari pertumbuhan total di semua sektor pembangunan lingkungan perkotaan adalah akibat gelombang urbanisasi yang dipacu oleh pembangunan fisik sarana dan prasarana kota yang merupakan daya tarik sekaligus daya dorong bagi para warga yang ingin memperoleh peluang kehidupan lebih baik. Laju pembangunan itu pula yang menyebabkan perkembangan kota seolah tanpa arah ( urban sprawl ). Hal tersebut berdampak terhadap keadaan biofisik lingkungan yang “tertekan” dengan semakin buruknya sanitasi lingkungan, menurunnya kualitas air permukaan dan udara Kota dan diperparah dengan semakin rendahnya laju produksi air tanah di wilayah cekungan bandung.
Fakta lain dari hasil analisis kualitas udara Kota Bandung tahun 2007 bahwa dari hasil evaluasi dapat diketahui bahwa pada beberapa lokasi pemantauan, konsentrasi SO 2 dan PM 10 telah melebihi nilai ambang batas yang dipersyaratkan. Hal-hal tersebut sebagai gambaran tantangan BPLH Kota Bandung kedepan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan dasar dari Rencana kerja BPLH yang harus semakin praktis dan berorientasi hasil.

Agenda:

Tidak ada agenda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar